Anime

Sharing is caring!

Yes, gw suka anime. Dari kecil suka  nonton Doraemon, Dragonball, Naruto, Saint Seiya, dll. Anime yang paling gw suka Samurai X, waktu itu dipinjemin DVDnya sama Ingrid my sister. Trus sejak keranjingan bluray, gw hunting anime bluray… buanyak bangettt sampe tiap malem nonton anime. Tapi kebanyakan anime buat anak-anak soalnya nontonnya sama Angina dan Junior.

Pilih film anime itu harus hati², jepun gitu lhoooo… banyak anime yg porn, gore and too violence buat anak-anak. Gw pernah terjebak… mentang² gambarnya kartun gak cek cek dulu isi filmnya. Taunya ada adegan seronok bow, ada monster yg nyulik cewek, kirain tuh cewek mo dicabik cabik trus dimakan ehh taunya tuh monster genit² gitu dan naga-naganya adegan selanjutnya bakalan gak bener hihihi Buru² gw ganti dah filmnya. Tired

Now, setiap film gw, gw kasih label.. mana yg layak ditonton bareng anak-anak dan mana yg gak. Gw lebih teliti dulu ngeceknya di imdb, yg buat anak-anak gw cek di bagian parents guide, disitu ada scorenya dan dijelasin adegan yg gak layaknya satu persatu.. spoiler sih hehe tp demi anak-anak gpp deh gw sensor dulu.

Di parents guide tertera sex & nudity, violence & gore, profanity, alcohol, drug, smoking, frighthening dan intense scene. Disitu dijelasin ada atau tidaknya adegan yang gak layak ditonton anak-anak. Yahh klo scorenya masih 1/10, atau 2/10 masih bolehlah gw nonton bareng anak-anak tp ntar klo adegannya muncul misalnya adegan kissing or slasher palingan gw tutupin mata Junior.. klo Angina sih gw tinggal teriak pas adeganya mau muncul,”awasss Angina.. tutup mata kamu!!!” atau biasanya Angina langsung balik badan ngadep tembok. hahaha… sampe adegannya selesai baru deh gw bolehin liat lagi. bahh rempong emang klo nonton sama anak-anak.

Anyway, gw mo sharing best kids anime versi gw ;

totoro

1. My Neighbor Totoro (1988) “Tonari no Tororo” (Original Title)

Ini cerita tentang 2 bocah cewek yg pindah ke suatu negara supaya lebih dekat dengan ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit. Mereka memiliki petualangan dengan roh hutan wonderous yang tinggal di dekatnya bernama “Totoro”. Critanya mengharukan dimana ada adegan cicinya mimpi mamanya meninggal, trus dia ke rumah Totoro berdoa minta mamanya disembuhkan supaya mamanya bisa pulang ke rumah berkumpul sama papa dan adiknya. Trus ada adegan adiknya kabur ke RS bawain jagung hasil panen buat mamanya yang sakit, padahal bawain jagungnya cuman 1 biji hahaha soalnya dia udah janji klo jagungnya berbuah dia mau bawain buat mamanya. hiks… very touching movie

2. Kiki’s Delivery Service (1989) “Majo no takkyubin” (original title)

Crita tentang gadis kecil seorang penyihir, gadis kecil yg mandiri dia bekerja di sebuah layanan kurir, nganterin paket via udara dengan menggunakan sapu terbangnya. hehe lucu.. ada saat dia make friends tapi begitu sulit mingle dengan orang yg berbeda. Yah pada akhirnya semua memang harus belajar untuk bergaul dengan orang yg berbeda-beda. Great movie!

3. Ponyo (2008) “Gake no ue no Ponyo” (original title)

Ini anime tapi gw nonton yg english version, soundnya inggris bukan jepang. Keren neh, pengisi suaranya aja Cate Blanchett, Liam Neeson, Matt Damon, dll. Petualangan animasi tentang seorang anak berumur 5 tahun dan seorang putri ikan duyung yang rindu untuk menjadi manusia. Ini juga crita yang mengharukan tapi berakhir dengan bahagia. Maap spoiler hehe.. Nice movie!

4. Grave of the Fireflies (1988) “Hotaru no Haka” (original title)

Klo ini nyesek banget nontonnya. Siapin ember buat nadahin air mata dah…. Cry

Crita tentang seorang anak lelaki dan adik perempuannya berjuang untuk bertahan hidup di Jepang selama Perang Dunia ke II. Mamanya meninggal kena bom, ngumpet di gua, nyolong mentimun di kebun orang buat makan adiknya, digebukin, adiknya kelaperan makan tanah yg dibuat bola-bola.. pura-puranya nasi hihihi sambil nungguin kokohnya pergi jauh cari makanan, adiknya sakit keras kekurangan gizi bla bla…. huaaaaaa pengen nangis.

Angina malah bleweran trus air matanya wkwkkwkw… Dari kecil empathy Angina emang over dose, dulu waktu umur 3 tahun nonton piglet kehilangan pooh dan temen²nya aja nangis LOL.. ah parah ini film menyedihkan banget sampe akhir… sad ending story. That’s life! Bukan dongeng, klo dongeng too good to be true. hehehe…

Mo lagi? Ini dulu yak, capek ngetiknya. bhahahaha…

Nah, anime² kek gitu yg gw kasih ke Junior dan Angina. Yang ada moral storynya pokoknya, bukan anime yg abis nonton trus… ya sudah you got nothing. Kenapa gw pilih anime, kartun Jepang? Karena gambar dan critanya sederhana, kek kehidupan sehari-hari yang ada disekitar kita sometime ditambahin bumbu imajinasi or fantasy film maker Jepang yang keren-keren.

That is why gw suka culture Jepang, klo diliat² dari filmnya.. anak² tuh respect banget sama orang tua mereka dan orang-orang tua lainnya. Anak cewek dari kecil sudah dididik bantuin mamanya di dapur, masak, nyiapin sarapan buat makan keluarga, nyuci baju dan hal-hal lainnya yg berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari. Kek Oshin gitu lho. Trus wanita jepang itu keibuan banget, family first! Hidupnya tuh dicurahkan banget buat melayani suami dan anak-anak. Pengabdian bangetttt, kalah deh wanita wanita jawa. Me likey Approve

Eh tapinya tergantung orangnya juga sih, banyak juga wanita Jepang yg cuek dan gak terlalu care sama keluarga. Yah bebas sih haha… *bawel yak gw*

Okelah, next time gw ceritain anime anime yg laen.

You can leave comments by clicking here, leave a trackback at http://blog.tristania-angina.org/2013/12/05/anime-2/trackback/ or subscibe to the RSS Comments Feed for this post.